REVIEW & IKLAN. HUB: 085740577460. SALAM SUKSESS !!

Banyak Sekali Peluang Usaha Pertanian

Peluang Usaha Pertanian

“Bali Deso Bangun Deso”, pernahkah Anda mendengar kata-kata tersebut? Ya, siapapun dan dimana pun Anda, desa adalah tempat dimana menghasilkan banyak individu-individu yang kini justru menguasi beberapa raksasa bisnis di perkotaan.

Ini bukanlah omong kosong belaka, orang terdahulu tentunya merupakan orang-orang pekerja keras yang dimulai dari bawah. Meski mereka berasal dari desa, namun tekad dan kemauan untuk sukses di kota besar seolah mendorong bagi mereka untuk merubah keadaan.

Dan kembali soal potensi sebuah desa, mungkin kita yang saat ini tengah bekerja di kantor, bekerja di industry, berwirausaha, maupun Anda yang sedang mencari inspirasi usaha, mungkin akan lebih suka melirik kembali potensi atau peluang usaha pertanian yang bisa kita bangaun di daerah.

“Bali Deso Bangun Deso”, adalah istilah jawa yang artinya “kembali ke desa dan membangun desa”. Dari desa manapun anda berasal, entah dari sebuah desa kecil di Sumedang, Sukabumi, Purworejo, Bojonegoro, Ponorog, Balikpapan, Medan, Lampung, Jambi, atau di daerah manapun Anda berasal, ingatlah bahwa desa dengan tanahnya yang tandus sekali pun, menyimpan banyak potensi pertanian yang cukup bagus.

Banyak sekali komoditas tanaman pertanian yang bisa kita optimalkan sebagai produksi hasil tani atau hasil bumi yag cukup optimal. Beberapa komoditas seperti jahe, kunyit, kunir, lengkoas, dan kapulaga, mungkin nampak sepele, namun hanya di desa atau di daerahlah tanaman-tanaman tersebut bisa ditanam dan tumbuh dengan sangat basgus.

Dengan jumlah hasil bumi yang mencapai ribuan ton, maka industri makanan dan obat-obatan yang berada d perkotaan, akan terus eksis berproduksi berbagai macam produk yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat luas.

Komoditas rempah-rempah lebih bagus
Bagi yang masih tertarik dengan usaha tani, sebenarnya masih banyak sekali peluang usaha pertanian yang terkadang masih sering terlewatkan oleh kita pada umumnya. Minimnya pengetahuan tentang pertanian, serta tidak tahu menahu soal kemajuan industri pangan saat ini, kadang memang menjadi alasan umum bagi kebanyakan orang.

Mungkin pertanian yang paling umum adalah pertanian padi, namun sektor pertanian penghasil beras ini membutuhkan modal yang cukup besar bila ingin laba yang besar juga.

Bila tak mampu menjangkau sektor pertanian gabah atau padi ini, pun masih banyak komoditas pangan yang prospeknya masih cukup bagus. Rempah-rempah atau tanaman obat, serta bahan baku masak, malahan menjadi komoditas yang cukup dicari oleh industry obat-obatan dalam skala besar.

Kita pun bisa dengan mudah menanam rempah-rempah di lahan yang cukup serta dengan pengolahan lahan yang tepat. Entah Anda memilh usaha tani sebagai investasi jangka panjang maupun usaha utama, perlu diketahui dan disadari betul bahwa, berproduksi hasil pangan atau menanam itu lebih baik, dari pada menjadi orang yang konsumtif tanpa mengetahui prospek besar dari sebuah usaha pangan atau pertanian. Toh dengan meningkatkan produksi tani yang dikelola, kita pun bisa menjadi orang sukses baru di pedesaan. [Rudi]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *