Home » Peluang Bisnis » Cara Cerdas Mencari Peluang Bisnis

Cara Cerdas Mencari Peluang Bisnis

Thursday, August 15th 2013. | Peluang Bisnis

mencari peluang bisnis

Sahabat bisnis, perlu diketahui betul bahwa latar belakang atau kepribadian kita, cukup menentukan akan jenis pekerjaan maupun usaha yang akan kita jalankan. Besarnya minat kita terhadap sebuah sektor atau bidang usaha, sepertinya akan cukup menentukan dalam kita mencari peluang bisnis yang ada di sekitar kita.

Bisnis, apapun jenisnya tentulah akan menyesuaikan dengan kwalifikasi sang pelakunya. Mungkin ada banyak bisnis di daerah kita namun masih di luar jangkauan kemampuan kita, karena kurangnya kompetensi kita di sebuah bidang bisnis tersebut.

Suatu contoh, di daerah kita merupakan sentra daur ulang barang bekas, dan di daerah tersebut sangat banyak sektor usaha yang membuka aktifitas daur ulang yang cukup menguntungkan. Untuk ikut terjun membuka usaha tersebut, sudah barang tentu seseorang harus punya modal pengetahuan mengenai beberapa aspek penting, seperti jumlah modal awal, harga mesin daur ulang, biaya opersional & karyawan serta aktifitas antar jemput barang dari pengepul.

Nah, dalam contoh tersebut, kita tentu harus kompeten di suatu bidang untuk menentukan jenis bisnis yang tepat, yang akan kita jalani. Dan tentunya tak hanya berlaku untuk bisnis ini saja, namun akan berlaku di semua bisnis. Dalam mencari peluang bisnis yang tepat untuk diri kita sendiri, ada baiknya bila kompetensi dasar mengenai teori bisnis yang akan dijalankan menjadi amat penting sebagai pondasi kuat dari sebuah bisnis agar mempunya pilar yang kuat.

Dan pilar yang kuat tersebut adalah pengetahuan atau kompetensi di suatu bidang yang cukup baik. Pengalaman tentu akan menjadi nomor dua di saat kita sangat bergairah memperlajari seluk beluk bisnis yang akan dijalankan.

Menentukan jenis bisnis
Untuk menentukan jenis bisnis yang tepat untuk kita pilih, hal yang paling sederhana adalah menyesuaikan dengan waktu luang yang dimiliki. Mungkin waktu yang kita miliki adalah di sore hari atau full time setiap hari sebagai rencana bisnis utama.

Dari waktu luang yang kita miliki itulah bisa merencanakan jenis usaha atau bisnis yang hendak dipilih. Misal sebagai usaha utama kita bisa memilih usaha seperti warung, kedai, caffe, industri makanan atau semacam toko yang menjual komoditas barang tertentu. Untuk jenis barang yang dijual, bisa disesuaikan dengan minat masyarakat sekitar tempat usaha, maupun bisa disesuaikan dengan pengetahuan kita terhadap minat pasar akan sebuah produk.

Sekali lagi pengetahuan sangat saya tekankan di sini, tanpa dasar pengetahuan yang sangat mendetail di sebuah bidang bisnis, kita akan menjadi sulit untuk melangkah dalam merintis atau membangun. Dan menyangkut pengetahuan tadi, tentunya bisa kita sesuaikan dengan minat atau pashion kita terhadap sebuah bidang usaha.

Tak perlu memaksakan terhadap sebuah peluang bisnis yang sedang bagus, namun di luar jangkauan kemampuan kita. Pilihlah jenis bisnis yang bisa kita pelajari dengan mudah dan masih di dalam jangkauan kemampuan kita, baik dari segi skill maupun modal. [Rudi]



Cat : Peluang Bisnis,

Comment For Cara Cerdas Mencari Peluang Bisnis