REVIEW & IKLAN. HUB: 085740577460. SALAM SUKSESS !!

4 Jenis Bisnis Rumahan yang Menghasilkan

Bisnis Rumahan yang Menghasilkan
Apa sih…, jenis bisnis rumahan yang menghasilkan untung lumayan?? langsung saja, berikut empat diantaranya.

1. Ternak ikan dalam kolam terpal

Jangan sampai kehabisan ide saat kita hendak membuka bisnis rumahan yang menghasilkan. Salah satu bidang ternak yang cukup sederhana namun menguntungkan adalah beternak ikan di kolam pembesaran, namun media kolamnya adalah terpal, bukan tanah atau kolam tembok semen.

Dengan media kolam terpal sebagai tempat untuk kolam pembesaran ikan, banyak jenis ikan yang bisa kita tanam atau ternakkan, seperti ikan lele, ikan nila, atau ikan-ikan jenis lain yang memiliki nilai jual di masyarakat kita. Sebagai usaha rumahan, tentu tak akan membutuhkan banyak waktu untuk pengelolaannya.

Yang butuh makan waktu hanya saat membuat konstrksi kolamnya, yakni berupa tiang-tiang kayu atau bambu sebagai penyangga terpal, atau bisa juga lewat galian tanah, bila lahan di rumah kita cukup memungkinkan. Perawatan berkala seperti saat memberi makan, tentu tak akan memakan banyak waktu karena hanya dilakukan di pagi dan sore hari.
Penggantian air pun bisa dilakukan secara berkala semisal satu minggu sekali atau menyesuaikan dengan kondisi air di daerah masing-masing.

2. Kolam belut dalam tong

Belut juga merupakan komoditas hewan air yang cukup dicari di masyarakat kita, rasa tekstur dagingnya yang empuk serta gurih, tentu mampu menggugah selera bagi siapa saja yang pernah menikmatinya. Digoreng biasa maupun digoreng bentuk cryspy, tentu akan lebih menarik, terlebih saat ini belut menjadi faforit di beberapa warung lalapan.

Menternakkan belut dalam tong-tong yang tak terpakai, tentu bisa menjadi alternatif bisnis rumahan yang menghasilkan dan cukup praktis. Tinggal pelajari saja cara beternak yang efektif, lalu bidik pasar di daerah terdekat, atau bisa juga dijual di rumah, misal dengan menuliskan di plang atau papan “jual belut segar”. Ini tentunya bisa menjadi sumber penghasilan yang cukup lumayan.

3. Ternak ayam jawa super

Komoditas ayam jawa super sangat terkenal di seputaran wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Dinamakan ayam jawa super lantaran ayam ini biasa diternakkan seperti ayam pedaging, namun nilai ekonomisnya jauh lebih tinggi karean tekstur rasa dagingnya yang hampir sama dengan ayam kampung.

Ayam jawa super memiliki masa panen yang lebih singkat, yakni sekira dua bulan, ini tentunya jauh lebih singkat dibandingkan ayam kampung. Namun untuk rasa ta kalah dengan ayam kampung, dan soal harga bisa dua kali lipat dari ayam pedaging, tergantung daerah dan harga pasar. Untuk bibitnya sata ini bisa kita peroleh di seputaran Yogyakarta dan Solo.

4. Budidaya kelinci hias

Hewan kesayangan seperti kelinci hias juga menarik untuk dibudidayakan dan dijadikan bisnis rumahan yang menghasilkan. Selain cukup mudah, nilai ekonomisnya juga bagus. Peminat kelinci hias boleh dibilang sedikit, namun kelinci hias mampu menarik simpati bagi siapa saja yang melihatnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *