REVIEW & IKLAN. HUB: 085740577460. SALAM SUKSESS !!

Memilih-> Merencanakan-> Memulai-> & Membangun Usaha

Bingun harus memulai dari mana ketika ingin mandiri membuka usaha sendiri? simak dan cermati step by step cara memulai buka usaha berikut ini.

Pilih segera

Bagi yang masih baru serta asing mengenai dunia wirausaha, biasanya akan mengalami kesulitan saat akan memulai membuka usaha. Ini cukup beralasan, karena banyak orang yang lebih suka menjadi karyawan, terkadang menjadi tidak mudah saat ingin membuka usaha mandiri.

Keinginan membuka usaha tentulah sangat besar, namun jenis usaha yang hendak dipilih kadang menjadi sesuatu yang sering membuat banyak calon wirausaha kurang cepat dalam bergerak. Bagaiama cara memulai usaha yang tepat? ya, yang pertama tentu harus menentukan jenis pilihan usaha yang benar-benar tepat dan cocok.

Dalam artian, pilihlah yang sesuai dengan kemampuan kita, baik kemampuan dalam pengelolaan, ketrampilan serta permodalan. Tentukan juga jenis usaha yang hendak dipilih, apakah usaha rumahan atau usaha di luar rumah. Sesuaikan juga dengan lingkungan sebagai pangsa pasar yang akan dibidik.

Bidang usaha seperti makanan, minuman, jasa reparsi, jasa pendidik/tutor, dan usaha aneka usaha dagang, tentulah bisa kita pilih salah satu. Yang pasti, pastikan pilihan anda benar-benar mampu membuat Anda yakin dan menaruh harapan besar untuk bisa berhasil. Buatlah target waktu dalam memilih, misal dua hari hingga satu minggu. Bila tidak ditargetkan dalam jangka seperti itu, maka kita hanya akan jadi penonton dari wirausahawan-wirausahawan sukses yang ada di sekitar kita.

Susun rencana

Cukupkan jangka waktu memilih, dan pastikan dapat pilihan yang tepat dan cocok. Selanjutnya susunlah rencana usaha yang jelas, di tulis lewat corat-coret juga boleh, diketik malah akan lebih rapi. Susunlah dalam jangka waktu yang efektif dan jangan terlarut menyusun terlalu lama.

Penyusunan recana usaha bisa meliputi, tempat usaha, lalu tenaga kerja, perencaan waktu kerja, komoditas barang yang dijual (bila memilih usaha dagang), langkah promosi efektif (bisa lewat media cetak, eletronik maupun jejaring sosial). Rencana tentu meliputi banyak hal, dan tentunya Anda selaku pelaku usahalah yang paling tahu.

Rencanakan pula soal permodalan, dan jangka waktu kembali modal. Antisipasi juga berbagai kemungkinan seperti “bagaimana nanti bila jumlah konsumen tidak sesuai target, pembengkakan biaya saat awal-awal usaha berjalan, dan berbagai kemungkinan lain ”.

Yang pasti, jangan pernah takut terhadap gagal. Sederhanakan cara berfikir mengenai kegagalan, pada dasarnya gagal dalam usaha adalah pembelajaran berharga yang tidak kita peroleh di bangku sekolah, bila pun kita gagal, berarti Anda selaku pengelola memang belum cukup mampu, dan harus ada penyempurnaan cara dalam usaha yang lebih efektif. Untuk itu saya sarankan untuk tidak psimis terhadap nasip.

Segera mulai

Sudah memilih, sudah menyusun rencana?? tunggu apa lagi, segera go.. and action, segera keluar rumah dan cari beberapa informasi pendukung, mengenai tempat usaha, atau komoditas barang terlengkap yang akan dijual. Sadarilah bahwa kalau kita cuma membayang-bayangkan atas usaha yang direncanakan, dikhawatirkan akan larut dalam hayalan. Untuk itu segera berdiri dari tempat duduk anda untuk memulai usaha dengan langkah awal mencari temat usaha maupun barang dagangan yang akan dijual.

Bangun & rawatlah sebaik-baiknya

Bangunlah usaha dengan serius, sesuaikan pula luang waktu yang kita miliki untuk berkunjung ke tempat usaha “misal Anda sibuk”. Bercengkrama nampak akrab dengan konsumen atau customer, meskipun tidak setiap saat, maka pencitraan akan tercipta secara perlahan, yang pasti gigihlah dalam membangun usaha, hadapi segala tantangan dengan selalu tersenyum.[Rudi]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *