REVIEW & IKLAN. HUB: 085740577460. SALAM SUKSESS !!

Merancang dan Memulai Usaha Mandiri [Universal]

Judul artikel saya kali ini sengaja terdapat tanda di dalam kurung, yakni “universal”. Tujuannya adalah, setiap kita tentu memiliki karakter yang berbeda-beda, dan mudah-mudahan kita semua bisa mengaplikasikan tips yang sederhana ini menurut prinsip masing-masing.

Merancang dan memulai usaha mandiri, ini merupakan kalimat yang cocok bagi kita yang sedang melirik dunia wirausaha dan ingin segera merancang menjalankannya sendiri tanpa terlibat kerja sama dengan rekan atau orang lain. Siapapun Anda, karyawan, anak kuliahan, maupun yang belum memiliki pekerjaan, tentu ingin mendapatkan sumber penghasilan yang mencukupi.

Dan salah satu jalannya adalah dengan membuka usaha mandiri. Bagi sebagian orang mungkin akan sulit memulai, namun bagi sebagian yang lainnya, beranggapan bahwa “Kalau tidak dicoba kita tidak akan tahu hasilnya”. Dan berikut langkah sederhana dalam merancang dan memulai usaha mandiri.

Berani!
“Berani” adalah satu kata yang perlu kita teriakkan dalam hati maupun ucapan. Kenapa harus berkata berani? karena banyak pemula atau calon wirausahawan sering takut untuk memulai. Memulai itu sulit bila tidak segera membuat rencana, namun memulai akan menjadi mudah bila kita segera beranjak dari tempat duduk untuk menjalankan ide usaha. Dengan meneriakkan “ya saya berani”, berarti Anda harus konsekwen untuk melangkah ke ranah bisnis. Dan juga ketakutan akan gagal, tidak laku, bangrut, dsb, tentunya harus dibuang jauh-jauh dari pikiran kita.

Tentukan jenis usaha
Siapapun Anda, apakah ibu rumah tangga, seorang karyawan, mahasiswa, dsb, pastikan bahwa Anda memilih bidang usaha yang sesuai dengan karakter dan jiwa Anda. Tak perlu sangat ahli dalam sebuah bidang usaha, karena kita bisa belajar sambil berjalan. Lihatlah pengelompokkan jenis usaha yang bisa kita jabarkan dalam banyak peluang, seperti Jasa, Ketrampilan, usaha dagang, Pertanian, dan Ternak. Ke empat segmen usaha tersebut, tentu bisa kita jabarkan satu-satu dan akan menjadi banyak jenis usaha atau bisnis. Bila pun tidak ada yang “nyantol satu pun”, liriklah bidang hoby atau olah raga yang bisa kita olah menjadi sebuah bisnis. Yang pasti hanya butuh pilih satu jenis bisnis yang paling Anda suka. Tidak usah memaksakan dengan bidang bisnis yang nampak menjanjikan namun diluar jangkauan kemampuan kita.

Merancang
Langkah berikutnya, pastikan bahwa pilihan usaha yang kita pilih sudah tepat, dan segera buat rancangan yang jelas. Kita butuh corat-coret dalam membuat rencana. Rincilah berapa modal yang dibutuhkan, dijalankan sendiri atau ambil karyawan, sesuaikan aktifitas pengelolaan dengan waktu luang yang kita miliki, serta berapa jumlah pesaing yang akan kita hadapi. Sebelum membuat rancangan pertimbangkan kembali mengenai karakter daerah serta jumlah pesaing yang ada. Akan sangat kreatif dan minim pesaing bila kita memilih jenis usaha yang sama sekali belum ada di daerah kita.

Memulai
Segeralah berdiri dari tempat duduk, bila memang sudah membuat rancangan secara tertulis. Mengapa harus tertulis? ya, ide dan konsep dalam ikiran kita akan mudah hilang bila tidak dicatat dengan baik, meskipun itu lewat coret-coretan. Langkah awal untuk memulai usaha mungkin bisa kita mulai dengan mencari tempat untuk usaha, menghubungi franchisor bila memilih bisnis waralaba, dan mulai mencari modal agar usaha yang direncanakan bisa segera dimulai.

Perlu disadari betul bahwa usaha tidak akan berdiri bila tidak segera dimulai, maka berdirilah dari tempat duduk dan segera kumpulkan aspek-aspek pendukung untuk berdirinya sebuah usaha.[Rudi]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *