REVIEW & IKLAN. HUB: 085740577460. SALAM SUKSESS !!

Optimalkan Potensi Hoby Jadi Uang

Manusia tentu memiliki sifat suka terhadap sesuatu, entah itu benda mati maupun benda hidup, yang pada dasarnya bisa memberikan kepuasan batin bagi seseorang. Bisa kita lihat di sekeliling kit bahwa banyak orang tengah sibuk di saat waktu luang untuk menjalankan sesuatu yang disukai.

Entah itu merawat burung bekicau kesayangan, memberi makan ikan hias yang dipelihara, memancing, bermain tenis, bermain bola, otomotif, memasak, dan lain sebagainya. Kesemua hoby tersebut tentu memberikan kepuasan yang tak ternilai bagi pelakunya.

Dan hidup pun akan terasa lebih bewarna dan menyenangkan bila kita memiliki hoby atau kesenangan yang sifatnya positif dan bermanfaat. Meskipun hoby terkadang tidak menguntungkan, namun kesenangan terhadap suatu hal terkadang amat berguna untuk obat stress di sela-sela waktu kita sepulang kerja.

Dengan memiliki hoby tertentu, seseorang pastinya akan lebih mudah dikenali karena hobinya yang nampak berbeda dengan orang kebanyakan. Namun sadarkah kita bahwa suatu hobi cukup berpotensi untuk bisa dijadikan sebuah bisnis yang menarik dan banyak peminat?

Menguangkan hoby

Bukan rahasia lagi bila suatu hoby bisa menjadi objek yang menarik untuk dijadikan uang, atau lebih tepatnya berbisnis lewat hobi. Namun tentunya ini akan sedikit sulit bagi mereka yang kurang berminat dalam hal bisnis. Perlu disadari hobi atau kesukaan, tentunya kita melakoninya dengan setulus hati.

Akan berbeda bila kita menjalankan pekerjaan di kantor atau di tempat lain, tentunya ada unsur tuntutan atau sedikit paksaan saat kita melakukannya. Dan alangkah sangat nikmat bila kita mencari uang dengan perasaan yang cukup senang tanpa paksaan dan bisa saat enjoy! dan tentunya ini bisa ditemukan lewat bisnis dari hoby atau kesukaan.

Namun bagaiamana meng-uang-kan hoby, atau menjadikan hoby jadi bisnis? ya, tentunya ada beberapa langkah yang cukup sederhana untuk memulainya.

– Jangan komersil dulu
Tetapkan prinsip dalam hati untuk menjalankan sesuatu yang kita suka tanpa ada unsur paksaan atau dalam artian lakukanlah setulus hati. Segala sesuatu yang memiliki nilai jual, pasti akan menemukan pembelinya, dan kita harus yakin akan hal itu. Komersil boleh, namun tetapkan prinsip pada menjaga kwalitas dan bukan semata-mata ingin cepat untung saja.

– Bentuk jaringan atau komunitas
Sebuah komunitas atau perkumpulan, baik itu di dunia nyata maupun di dunia maya, tentu akan memiliki prospek bagus untuk bisa dibidik menjadi konsumen. Karean pada prinsipnya sebuah jaringan atau komunitas hoby tertentu, patinya akan membutuhkan barang-barang yang berkenaan dengan hobi yang digeluti. Misal kita suka mengoleksi benda-benda langka, dan benda-benda tersebut sering dicari orang di situs jual beli, maka cobalah membuat komunitas lewat fanpage maupun bergabung dengan komunitas di dunia nyata dengan hoby yang sama. Sebuah jaringan atau komunitas, tentu akan punya andil besar dalam mempengaruhi penjualan atas barang yang kita jual yang berkenaan dengan hoby kita tadi.

– Lihat kondisi pasar
Terjun di bisnis, meski itu lewat bisnis hoby, ada baiknya juga bila mengamati kondisi pasar. Dalam artian, kita harus mencari gambaran, untuk menjual barang kemana selain ke komunitas atau perkumpulan. Misal kita suka membuat sangkar burung sendiri, lalu ingin membuat dalam jumlah besar dan memasarkannya. Maka lihatlah tempat-tempat yang menjual sangkar burung di suatu lokasi, dan kemudian lakukan pendekatan ke beberapa penjual untuk melakukan penawaran.

Yang pasti, hoby, apapun jenisnya asalkan positif dan memiliki nilai uang, tentunya terdapat peluang besar untuk kita kembangkan menjadi sebuah peluang usaha dari hobi.[Rudi]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *