REVIEW & IKLAN. HUB: 085740577460. SALAM SUKSESS !!

Peluang Usaha yang Menjanjikan dari Ayam Kampung

Ayam Kampung 2015Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar kata ayam kampung..?? desa, warung Lamongan, atau mungkin suara ayam berkokok.. ? Sepertinya cukup sederhana dan sepele saat kita mendengar tentang ayam kampung. Namun perlu diketahui bahwa potensi bisnisnya cukup bagus untuk digarap. Kenapa demikian..? ya, ayam kampung punya banyak keunggulan dibanding dengan ayam lainnya, utamanya ayam pedaging. Tekstur daging ayam kampung lebih disuka masyarakat dibanding ayam pedaging. Dari segi rasa, tentu saja ayam kampunglah yang menang dibanding ayam pedaging. Soal harga jangan ditanya, dan inilah yang menjadikan potensi bisnis ayam kampung menjanjikan keuntungan menggunung. Apa lagi pemain untuk bisnis ini tidak terlampua padat seperti ayam pedanging. Maklum, untuk memelihara ayam kampung butuh waktu lebih lama dibanding ayam pedaging. Dan kebanyakan orang lebih suka yang cepat menghasilkan uang. Dan karena pemain yang justru minim, disinilah bagusnya peluang usaha ternak ayam kampung. Dengan masa pemeliharaan yang tergolong lebih lama, toh harganya juga tinggi. Seekor ayam kampung dewasa bahkan harganya bisa mencapai Rp.80.000 bahkan lebih per ekornya.

Sangat realistis bila usaha ternak ayam kampung dibilang sebagai peluang usaha yang menjanjikan. Toh pada kenyataannya ayam kampung lebih diunggulkan di pasaran. Dan untuk pasokan ke pasar juga selalu ditunggu. Sisi menariknya lagi, ayam kampung tak hanya bisa dijual sebagai daging konsumsi saja. Namun ayam kampung juga memiliki potensi uang di bidang lainnya. Misalnya saja indukan yang unggul bisa dijual kepada mereka yang membutuhkan indukan untuk proses pembibitan. Belum lagi telur dari ayam kampung yang bisa dijual satuan dan tentu saja harganya lebih mahal dari telur ayam petelur yang dijual perkilo. Telur ayam kampung biasa dijadikan obat sehingga tak heran bila banyak dicari dan harganya pun lebih mahal dari telur biasa.

Pada intinya beternak ayam kampung tak hanya untuk menyasar pasar yang membutuhkan dagingnya saja, namun juga bisa kita olah potensinya dari banyak hal. Mulai dari menjual telurnya, menjual bibitnya, menjual indukannya, hingga kotorannya yang bisa diolah menjadi pupuk. Untuk usaha ternak ayam kampung bahkan tak perlu tempat yang sangat luas. Dengan menggunakan pekarangan di sebelah atau belakang rumah yang cukup, maka kita sudah bisa memanfaatkannya dengan cara mengkandankan dari kandang bambu, atau istilahnya sering dikenal sebagai ternak ayam kampung secara intensif. Satu lagi catatan bahwa untuk ternak ayam kampung bisa dimulai bahkan dari jumlah yang sangat minim, misal 20 ekor atau 30 ekor. Uniknya, sisa makanan kita seperti nasi atau sayur basi juga bisa menjadi makanan mereka. Tertarik tekuni usaha kecil yang syarat laba tinggi ini..?? tunggu apa lagi… segera sikat peluang bagus ini.Rudi

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *