REVIEW & IKLAN. HUB: 085740577460. SALAM SUKSESS !!

Pilih Jenis Usaha Sesuai Karakter


Sahabat usahapeluang…, ada kalanya kita harus terjun di dunia usaha tatkala kebutuhan hidup semakin meningkat sedang gaji dari tempat kita bekerja sering dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan harian, mingguan maupun bulanan. Namun sayangnya beberapa orang punya perasaan psimis saat akan mendirikan usaha.

Takut gagal, atau seringnya melihat wirausahawan yang gagal, seolah menjadi momok yang masih menghantui bagi calon wirausahawan mandiri, sehingga timbul rasa ragu saat hendak memilih suatu jenis usaha. Semua orang tentu punya harapan besar untuk bisa sukses di dunia usaha. Namun untuk bisa sukses, tentu membutuhkan orang yang kompeten di sebuah bidang serta punya mental tangguh dalam menghadapi tantangan bisnis.

Usaha sesuai karakter

Tiap orang tentu punya sifat yang berbeda, dan ketrampilan atau skill serta kesukaan yang berbeda-beda pula. Dan inilah yang membuat ranah bisnis semakin bewarna dengan aneka macam bisnis kreatif. Kita bisa menentukan jenis usaha sesuai karakter atau kerpribadian kita. Usaha tentu ta selalu harus usaha semacam toko pakaian, toko elektronik, toko kue, maupun restoran. Namun usaha itu bisa dipicu dari kesukaan atau skill kita pribadi.

Suatu contoh, kita mungkin suka dengan desain grafis, namun selama ini hanya sebatas hoby atau iseng-iseng untuk mengisi waktu luang, maka kenapa tidak mencoba untuk menawarkan hasil kresi desain kita ke beberapa industry seni maupun yang lain. Peluang pun cukup banyak bila kita berminat untuk menelusurinya. Contoh lain, mungkin hoby kita adalah menkoleksi aneka burung berkicau, maka kenapa tidak dicoba untuk belajar cara membudidayakannya, toh nilai jualnya cukup bagus dan celah pasarnya selalu ada.

Pada intinya, kita tidak perlu memaksakan diri untuk terjun ke bisnis yang nampak menjanjikan namun sebenarnya kita tidak ada hati di sana atau tidak ada pashion sama sekali. “Jadilah diri sendiri” mungkin kata ini juga berlaku dalam memilih jenis bisnis. Usaha atau bisnis tak harus selalu bersifat umum.

Karena usaha justru bisa kita ciptakan dan bisa terlahir sebuah usaha dari kecintaan kita erhadap sesuatu, entah itu bidang seni, hoby maupun yang lain. Yang pasti, cobalah untuk menguak sisi lain dari sesuatu yang sangat kita sukai. Sesuatu yang dilakukan dengan tulus, pastinya hasilnya akan lebih maksimal dibanding dengan sesuatu yang dilakukan atas paksaan.

Seni dan hoby sering jadi karakter kita

Sering seseorang terbentuk karakter maupun jati dirinya dari apa yang dicintainya, entah itu musik, olah raga seni lukis, menari, dan lain sebagainya. Dan tak jarang mereka berbisnis dengan hoby mereka.

Bisnis tak melulu soal jual beli barang, namun skill atau ketrampilan juga bisa kita bisniskan, baik lewat pelatihan maupun kita tulis dalam sebuah buku yang bermanfaat, maupun dalam media bisnis hoby yang tak berwujud benda lainnya. Jadi segera tentukan, kira-kira apa yang paling Anda suka, namun juga terdapat unsur bisnis di dalamnya.[Rudi]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *