REVIEW & IKLAN. HUB: 085740577460. SALAM SUKSESS !!

Serba-serbi Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa

Usaha Sampingan Mahasiswa

Apa sih .. yang bisa dilakukan seorang mahasiswa selain dari pada menimba ilmu? cari uang.., jadi pengusaha.? emang bisa..? hemm,,, jelas bisa.. asal siap mental, siap pengetahuan, siap dalam mengatur waktu, semua pasti serba mungkin.

Perencanaan matang menjadi sangat penting

Sebelum memutuskan untuk menjalankan usaha sampingan mahasiswa, hendaknya para mahasiswa yang memang mendambakan pendapatan mandiri, tentunya sangat perlu untuk membuat perencanaan matang. Yang dimaksud dengan perencanaan matang di sini adalah lebih pada manajemen waktu dan kemampuan dari masing-masing personal atau mahasiswa itu sendiri.

Bisa diibaratkan begini, untuk memilih sebuah usaha sampingan mahasiswa, bisa disesuaikan dengan bakat atau kemampuan. Bakat atau kemampuan bisa berupa berdagang, mengajar, bereksperimen, mengembangkan bakat seni dan lain sebagainya. Namun ada juga yang lebih penting dari pada hal tersebut yakni, perencanaan waktu. Waktu di sini punya andil yang cukup besar.

Dimana bila seorang mahasiswa punya waktu luang bagus, maka waktu tersebut bisa digunakan seoptimal mungkin untuk menjalankan usaha wampingan. Jadi semua bisa kita ukur dengan perencanaan waktu luang yang miliki serta bakat atau kemampuan yang dipunya ari masing-masing personal.

Tak harus mengganggu aktifitas kuliah

Siapa yang tak mau jadi pengusaha di usia dini, tentunya para mahasiswa mendambakan untuk bisa sukses leih dini dibanding harus menunggu selesai wisuda. Namun ada hal mendasar yang paling penting yang tak bisa diabaikan bagi para mahasiswa yang menginginkan punya usaha sampingan di sela-sela waktu seusai jam kuliah di kampus, yakni soal tugas utama sebagai mahasiswa.

Sebagai mahasiswa, tentunya status tersebut tak harus terganggu suatu apapun, termasuk oleh pekerjaan atau usaha sampingan. Maka, perlu betul-betul mampu dalam menyesuakan diri dengan tugas utama yakni fokus untuk kuliah. Tak akan berarti bila kita punya usaha bagus lantas kuliah menjadi terkatung-katung. Untuk itu, meski menjalankan usaha di luar aktifitas kuliah, janganlah sampai mengganggu atifitas kuliah. Rencanakanlah manajemen watu sebaik mungkin, agar keduanya, yakni usaha sampingan & kuliah bisa berjalan seimbang.

Aktifitas setelah kuliah/ sore hari/ waktu libur

Cukup mudah sebenarnya untuk memilih serta menjalankan usaha sampingan mahasiswa, namn kembali lagi seperti yang saya tekankan di atas, bahwasanya yang terpenting adalah soal waktu, lebih tepatnya adalah manajemen waktu efektif. Tak semua mahasiswa menjadi kutu buku, dan tak semua mahasiswa pula harus selalu berteman dengan lembaran kertas serta setumpuk buku berisi materi-maeri penting.

Sebagai aktifitas selingan, justru menjalankan suatu usaha malahan bisa mengusir kejenuhan. Adapun waktu yang bisa kita kelola dengan maksiman adalah waktu di sore hari, waktu libur, serta waktu-waktu berkwalitas lainnya. Mengenai pilihan usahanya, saya sarankan untuk mengacu pada dua segemn dulu, yakni berdagang dan menjual jasa. Untuk masalah berdagang atau menjual jasa apa, tentu masing-masing kita bisa mutuskannya sendiri.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *