REVIEW & IKLAN. HUB: 085740577460. SALAM SUKSESS !!

Sesulit Apa Membesarkan Bisnis..??? Simak..!

Yang tidak punya usaha aja pengen punya usaha meskipun itu sekalanya kecil, eh.. kita yang sudah punya usaha malah mengeluh begini begitu.. kok usaha jalannya gini-gini aja masih jalan di tempat ya..? Harusnya kita yang saat ini sudah punya usaha, meskipun itu usaha kecil bermodal kecil, bersyukur dan anti mengeluh. Usaha yang sudah punya konsumen, mesipun jumlahnya belum banyak, itu adalah aset penting yang nilainya bisa kita naikkan semau kita.

Perlu diingat, memulai sebuah usaha itu bisa jasa lebih sulit, dari pada membesarkannya. Jadi, jangan pernah keluhkan soal usaha yang jalan di tempat, itu adalah pekerjaan rumah kita untuk membuatnya menjadi lebih besar. Tahapan-tahapan dari mulai kita membbangunnya sejak awal sudah kita lalui, sekarang saatnya berfikir selangkah lebih maju menuju usaha yang lebih progress.

Mungkinkah Kurang Modal yang Bikin Sulit..??

Yang belum memiliki usaha sama sekali biasanya punya keluhan yang kurang lebih seperti ini mau sih buka usaha, tapi modalnya nggak ada. Dan yang sudah punya usaha bilang seperti ini “mau membesarkan usaha tapi modalnya kurang, cari pinjaman pun susah”. Dua kutup yang berseberangan tapi sejalan ini sudah membudaya dalam sebagian masyarakat kita. Bila kita cermati baik-baik, sebenarnya bukan modal semata yang selalu harus jadi kambing hitam lambannya perkembangan kita. Sebagian mungkin berfikir, kalau ada modal itu semua akan lancar. Sebagian juga menganggap bahwa modal adalah segala-galanya.

Coba tinggalkan sudut pandang lama seperti demikian, mari melihat modal dari sisi yang berbeda. Cermatilah bahwa modal bukan segala-galanya yang utama. Ingatlah di era seperti ini kita butuh sedikit kreatif dalam mengelola usaha, berwawasan luas agar mudah berkembang, dan memiliki jaringan yang kuat untuk mencari daya ungkit. Ada modal tanpa wawasan pasar yang cermat bisa saja malah menjerumuskan kita. Gantilah fokus soal modal menjadi menciptakan jaringan dan hubungan usaha yang lebih luas lagi. Jaringan yang kuat akan mudah menumbuhkan usaha yang kita kelola.

Mungkinkah Karena Susah Meningkatkan Jumlah Konsumen???

Perhatikanlah soal yang ini, yakni soal jangkauan pasar. Anda harus mampu menjawab pertanyaan saya. Berapa luas jangkauan konsumen yang kini terjangkau..? apakah segmentasi pasarnya tertarget sesuai langkah promosi atau pengenalan produk yang dilakukan..???

Salah satu kunci usaha kecil bisa menjadi besar itu adalah soal bertambahnya pasar. Bisa kita bayangkan jangkauan konsumen yang hanya pada satu kelurahan, tentu omsetnya sudah pasti beda dengan usaha yang jangkauan pasarnya mencakup satu kecamatan.

Perlu Anda koreksi juga, jangan-jangan jangkauan konsumen Anda terlalu sempit..?? Mau usaha apapun, mau online maupun off line, bila jangkauan pasarnya luas, sudah barang tentu akan mudah menemukan lebih banyak pembeli. Semoga menambah wawasan kita semua, amin.Ahmad

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *