Home » Peluang Bisnis » Trik Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula

Trik Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula

Monday, September 9th 2013. | Peluang Bisnis

Bisnis Rumahan untuk Pemula

Jangan pernah merasa tidak mampu dalam membuka sebuah usaha mandiri, terlebih untuk usaha atau bisnis rumahan. Pada dasarnya semua orang bisa melakukan hal yang terbaik dalam hidupnya, tak terkecuali dalam menenukan sumber penghasilan.

Meski di rumah sendiri, banyak hal atau bidang usaha yang bisa kita bangun. Untuk belajar pun belum terlambat. Berikut adalah sedikit trik memulai bisnis rumahan untuk pemula, yang mudah-mudahan bisa memberi pencerahan bagi kita semua.

Lihat dulu kondisi rumah
Ini bukan masalah rumah Anda bagus atau tidak, namun lebih ke fungsional dari setiap sudut ruangan maupun pekarangan di rumah kita. Sebelum memulai memilih jenis bisnis di rumah, saya sarankan untuk mengkondisikan rumah dalam kodisi sebaik mungkin.

Mekanismenya adalah, tatalaha bila ada barang yang berantakan atau kurang rapi, letakkan barang pada tempatnya, misal, barang yang tak terpakai segera taruh di gudang, yang pasti tata ruang dalam rumah harus tertata dengan benar agar menimbulkan mood untuk bekerja.

Keluar dari tata ruang rumah, lihatlah pekarangan beserta isinya, adakah barang atau tanaman yang tak membawa manfaat? segera singkirkan. Kini pikiran anda adalah pikiran bisnis, dan Anda ingin menjalankan bisnis rumahan untuk pemula. Maka pastikan semua barang, tempat, tata ruang sesuai dengan fungsinya.

Untuk ruangan rumah yang tak terpakai, tentu bisa kita simpulkan usaha apa yang cocok, apakah untuk toko, les prifat, sebagai ruang kerja online. Atau bisa juga menyimpan stok barang dan lain sebagainya. Nah.. untuk ruang luar rumah atau pekarangan, seperti yang sudah saya tekankan tadi, kondisikan sebaik mungkin.

Agar terlihat mana ruang yang bisa dimanfaatkan, bila ada lahan misal sepluluh meter persegi di belana rumah, maka usaha seperti ternak ikan dalam kolam terpat bisa dicoba, namun tetap perhatikan lingkungan sekitar, ternak ayam juga bisa membawa manfaat, dari pada banyak ruang kosong d pekarangan kita.

Atau mungkin bisa juga membagnun kios ukuran kecil untuk berjualan yang minim persaingan seperti pakan burung, pakan ikan, sangkar burung atau kurungan, dan masih banyak lagi. Yang pasti jangan selalu monoton dalam melihat peluang yang ada, pilihlah ide usaha yang lebih kreatif untuk menciptakan pasar baru.

Pilih jenis usaha sesuai kemampuan
Sering saya berkunjung ke rumah teman yang ruangan kosong dalam rumahnya dimanfaatkan untuk usaha. Dan ternyata banyak sekali usaha yang bisa dijalankan meski di dalam rumah, dan tak jarang, orang tidak menyangka bahwa di dalam rumah tersebut ada aktifitas usaha.

Banyak jenis usaha rumahan seperti industry jajanan skala kecil, usaha persewaan alat-alat elektronik seperti handycam dan kamera, aktifitas pengepakan makanan dan masih banyak lagi. Saya hanya menyarankan untuk memilih usaha yang nampak sesuai dengan minat saja. Karena untuk usaha yang diluar jangkauan kemampuan kita, tentunya ujian mental terkadang terasa berat, terkecualia bila kita memang memang punya mental baja.

Berdagang atau menjual jasa
Ide usaha di rumah sebenarnya ada ratusan bahkan ribuan, saya tidak muluk, karena pada kenyataannya memang demikian. Namun rujukan kita tentu akan kepada dua point yang paling mendasar yakni antara usah dagang dan usaha jasa.

Dangang bisa kita ambil bila memang berminat, dan tak perlu bakat, karean bisa belajar sambil berjalan. Usaha jasa jga cukup menarik untuk dicoba bila kita memang cukup ahli di beberapa bidang seperti mengajar, mencukur rambut, memperbaiki komputer, dan lain sebagainya.[Rudi]



Cat : Peluang Bisnis,

Comment For Trik Memulai Bisnis Rumahan untuk Pemula