REVIEW & IKLAN. HUB: 085740577460. SALAM SUKSESS !!

Usaha Sampingan ibu Rumah Tangga Muda

usaha sampingan ibu rumah tangga

Seorang ibu rumah tangga muda, tentu masih pnya cukup spirit yang cukup bagus untuk berkembang di dunia wirausaha, meski lewat usaha sampingan. Usaha sampingan ibu rumah tangga muda apa kira-kira yang cocok? simak yang ini.

a. Usaha yang tak jauh dari bidang akedemik
Para ibu rumah tangga muda umumnya menikah di usia yang tak jauh dari masa akhir-akhir study mereka, atau boleh dibilang menikah pada usia muda setelah lulus kuliah maupun belum lama pada masa bekerja. Nah., bagi Anda yang seorang ibu rumah tangga muda, tentu pikiran atau ide biasanya masih fresh dan bisa mengembangkan berbagai macam ide kreatif di bidang wirausaha mandiri.

Misal, bagi ibu rumah tangga muda, tentu masih cukup mudah untuk mengingat bidang kehalian sesuai jurusan saat kuliah. Bidang jurusan semacam Sastra Inggris, MIPA, dan Psikologi, tentu ada kesempatan yang cukup bagus untuk membuka jasa les privat di rumah, maupun membentuk program bimbingan belajar skala kecil dulu, yang menorganisir beberapa pengajar muda. Kini bisnis bimbingan belajar semakin ramai bahkan hingga mrembet ke sistem waralaba. Bila ada kesempatan, kenapa tidak dimanfaatkan.

b. Semacam berjualan di rumah
Usaha paling mudah bagi para ibu rumah tangga adalah dengan berjualan di rumah. Namun mau jualan apa? apakah toko sembako, atau toko sayuran? Ya, bila masih ada celah, kenapa tidak dicoba, tapi jangan dipaksakan bila di lingkungan sudah banyak pelaku usaha sampingan tersebut, karena kalau semua orang atau rumah terdapat toko sembako, maka peluang untuk mencari laba besar tentu akan menjadi sulit.

Alternatif jualan bisa sangat banyak, misalnya, kita bisa berjualan baju-baju wanita dan aksesoris pelengkapnya, tak perlu buka toko di rumah, asal punya cukup stok dan lihai dalam menawarkan barang ke para tetangga atau ibu-ibu muda yang lainnya, tentu akan bisa cukup memberi penghasilan yang lumayan. Bila tak tertarik dengan bisnis fashion tersebut, aneka aktifitas jualan lainnya pun bisa dicoba di rumah. Misal jualan pakan burung dan pakan ikan, membuka kedai sarapan pagi, membuka usaha grosir camilan, dan masih banyak lagi.

c. Mengelola usaha yang ber-karyawan
Meski Anda merupakan ibu rumah tangga muda, namun tak ada salahnya juga menjadi bos kecil-kecilan lewat sebuah usaha di rumah maupun di luar rumah. Misalnya, bila rumah kita memungkinkan, kita bisa memberdayakan ibu rumah tangga yang lain untuk bekerja di tempat kita. Misal lewat usaha produksi keripik, usaha pembuatan kue kering, usaha pembutan makanan khas daerah, dan usaha semacamnya.

Ini sangat mungkin bisa dijalankan, terlebih bagi ibu rumah tangga muda yang tinggal di perkampungan. Bila tak cukup tertarik dengan usaha tersebut, bisa juga membeli paket gerobak farchise penjual makanan seperti makanan tahu pedas, keripik singkong, minuman teh, tahu spiral atau yang lainnya. Toh usaha ini bisa dijalankan dengan merekrut pekerja yang mau digai untuk menjalankannya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *